Copyright © Kang Ees
Design by Dzignine
Friday, January 17, 2014

Segera ajari anak berenang

Sering mengajak anak-anak ke kolam renang terpikir untuk mengajari anak berenang dengan metode yang bener bukan metode asal berenang, asal ngambang. Sebenarnya setiap kolam renang menyediakan fasilitas belajar berenang. Harga bervariasi sesuai dengan kondisi kolam renang. Segera latih anak-anak untuk berenang. Tapi jika memiliki waktu luang dan memiliki kapabilitas untuk mengajari berenang kenapa tidak ajari anak berenang sendiri.

Ceritanya beberapa hari yang lalu saya ditawari untuk kursus untuk anak-anak ku oleh salah satu pengelola kola renang. Tentu sebagai seorang pengajar saya tanyakan dulu (sebutlah) silabus mengajar dan pencapaian dari kursus berenang itu. Alhasil setelah dipertimbangkan saya memutuskan untuk mengajar berenang sendiri. Tentu cara dan metodanya tidak dengan cara dan metoda kursus berenang yang saya dapatkan waktu dulu saya belajar berenang di kali.Tanpa instruktur tanpa pelatih, asal nyemplung. Byurrr.

Dengan sedikit riset cari sana sini akhirnya saya menemukan metode berenang yang menurut saya sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Dari pemahaman yang saya dapatkan ternyata megajari anak berenang ada 6 hal yang harus di pahami;
  1. Pengkondisian. Mengkondisikan anak dengan air, tujuannya anak jangan takut sama air. Pada tahap ini kita berusaha mengakrabkan anak dengan air. Bawalah mainan yang bisa digunakan anak-anak bermain di air. Kunci dari tahap ini adalah anak nyaman dengan air. Mengembalikan memori dia waktu dulu masih di alam rahim yang juga berupa air.  
  2. Mengambang tengkureb. Prinsip berenang adalah mengambang. baik mengambang tengkureb maupaun mengambang terlentang. Peralatan yang harus dimiliki adalah pelampung untuk menghindari anak tenggelam. 
  3. Mengambang telentang. Sekarang anak diajari bagimana bisa mengambang secara telentang. Dua sekil ini agak sedikit rumit. Jika tahap satu belum dilalau dengan baik akan bertambah sulit.
  4. Nyelam. Berenang neyelem. Intinya bagimana anak bisa menggerakan kaki dan tangan untuk bereneang. Pada tahap ini baiknya anda berdua. Jika tahap ini sudah dilakukan dengan baik itu artinya anak sudah nyaman dengan air dan mampu mengontrol dengan baik
  5. Berbalik. Anak diajari bagimana menyelam dan kembali ke tepian kolam. 
  6. keselamatan. Namanya juga anak-anak. Maka penting diajari dasar-dasar keselamatan dalam berenang. Intinya bagimana menyelamatkan diri anak dari bahaya tercebur ke air baik di kali atau kolam.
Penjelasan diatas hanya dijadikan landasan awl saja. Tentu langkah terbaik untuk mengejari anak berenang adalah dengan diikutkan kursus berenang. Dibawah pengawasan ahlinya.

Sebagai gambaran jika anda ikut kursus maka kurang lebih biaya kursus berenang terdiri dari dua komponen.
  1. Biaya masuk kolam renang, plus
  2. Biaya instruktur persesi/ setiap pertemuan.
Biaya masuk kolam renang mungkin tidak bisa dinego karena sudah menjadi ketetapan. Tapi biaya intruktur masih bisa dinegokan. Misal biaya masuk 30.000 dan biaya instuktur 70.000 persesi. Maka biaya setiap sesi ada 100.000. Jika kursus dilakukan seminggu sekali maka dalam satu bulan anda harus mengeluarkan biaya 400.000 untuk 4 sesi. Tinggal selanjutnya  berapa lama pencapian anak untuk bisa berenang.

Bagi para orang tua yang penasara pengen mengjari sendiri anak berenang berikut ini adalah panduan belajar yang mungkin bermanfaat. 

Video Panduan berenang Level 1

 

Video Panduan berenang Level 2    

Video Panduan berenang Level 3

0 comments:

Post a Comment