Copyright © Kang Ees
Design by Dzignine
Friday, January 31, 2014

Lebih mudah dengan Google Drive

Seiring dengan berkembangnya era cloud computing layanan-layanan penyimpanan data secara online semakin tumbuh pesar. Layanan penyimpanan data secara online menawarkan penyimpanan data mulai dari 2 GB (Gigabyte) sampai ada yang menawarkan penyimpanan tak terbatas.

Berikut beberapa alasan kenapa penyimpanan data online diminati:
  1. Aman. Data tersimpan secara online. Mungkin aman dari sisi kehilangan data misalnya flashdisk hilang atau insiden-insiden lebih buruk dari itu.
  2. Sharing. Mengirimkan file berukuran besar bukan masalah lagi dengan kehadiran teknologi ini. Flashdisk hampir kehilangan fungsinya ketika berhadapan dengan teknologi ini.
  3. Realtime. Beberapa layanan penyimpanan online menawarkan fasilitas kolaborasi dimana dalam waktu yang sama dua user berbeda bekerja dalam dokumen yang sama.
Mungkin yang menjdi pertanyaan apa saja pertimbangaanya dalam memilih layanan ini. Hal yang terpenting dari dari layanan ini adalah siapa yang memberikan layanan ini? Perusahaan yang terbukti mapan bisa menjadi pertimbangan pertama, jangan terkecoh dengan fitur dan layanan yang berlebihan yang ditawarkan oleh perusahaan layanan penyimpanan data jika belum terpercaya. Masalahnya adalah data yang anda simpan. Bisa jadi data itu adalah data penting yang anda miliki. Apa jadinya jika data itu harus hilang bersamaan dengan tumbangnya perusahaan yang memberikan jasa itu.

Microsoft, Google, Amazon dan bebeapa layanan yang diberikan perusahaan-perusahaan besar perlu dipertimbangkan. Infrastruktur yang baik dan dukungan tenaga ahli menjamin data anda selamat.

Presentasi berikut menjelaskan bagimana menggunakan google drive. Salah satu layanan penyimpanan data online yang dibreikan oleh google. Semoga bermanfaat.  

0 comments:

Post a Comment